PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA KOTA BEKASI

Minggu, 20 Mei 2012

Kang Said: Masjid dan Musholla Harus Pasang Plang NU

Jakarta, NU Online

15/5/2012

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, menegaskan pentingnya kelompok Islam Ahlussunnah wal Jamaah mengidentifikasi kembali sarana dakwah yang dimilikinya. Langkah kecil yang diminta segera dijalankan adalah pemasangan plang (papan nama) organisasi NU.

"Masjid dan Musholla itu anak ranting NU, harus ada plang NU," tegas Kang Said, demikian KH Said Aqil Siroj disapa dalam kesehariannya di Jakarta, Jumat (18/5).

Pemasangan plang NU, lanjut Kang Said, tidak hanya bermakna identifikasi aset kelompok Islam Ahlussunnah wal Jamaah. Langkah ini juga untuk menghindari adanya penguasaan dan penyalahgunaan Masjid serta Mushala oleh kelompok Islam berfaham radikal.

"Wahabi itu lebih takut kepada plang NU daripada ke orang-orang NU," tambah Kang Said dengan nada canda, yang langsung ditimpali dengan menegaskan penyematan plang NU di Masjid dan Mushala penting untuk dilakukan.

Kang Said yakin jika kepengurusan NU di daerah, mulai dari tingkat wilayah, cabang, hingga ranting mampu membiayai pembuatan dan pemasangan plang identifikasi di Masjid dan Mushala yang menjadi asetnya. "Kalau tidak punya anggaran, asalkan kita sungguh-sungguh, apa yang kita laksanakan bisa dipertanggungjawabkan, Insya Allah masih banyak kelompok yang bersedia membantu kita," tegasnya.

Menanggapi permintaan identifikasi masjid dan musholla, Ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) PBNU KH Abdul Manan, mengatakan jika langkah tersebut sudah menjadi prioritas untuk segera dilaksanakan.

"Rapimnas LTM NU di Palangkaraya beberapa hari lalu memang mengamanatkan identifikasi Masjid dan Musholla. Itu sudah menjadi prioritas kami, dan kepengurusan di daerah akan segera melaksanakannya," ujar Kiai Manan.


Penulis: Nabil Haroen