PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA KOTA BEKASI

Minggu, 01 Maret 2015

Seminar Pra Musker

Minggu, 7 Desember 2014, PCNU Kota Bekasi telah menyelenggarakan seminar pra musker, dengan tema  Menuju 1 Abad NU ; Arah, Kiprah dan Tantangan ; Membangun Kemandirian NU Kota Bekasi. Hadir sebagai pembicara Ketua PBNU, KH. Abbas Muin, MA.

Dalam kesempatan tersebut Kyai Abbas Muin menerangkan bahwa Nahdlatul 'Ulama sebagai jam’iyah diniyah Islamiyah yang didirikan pada tanggal 16 Rajab 1344 H./ 13 Januari 1926 M. merupakan perkumpulan 'Ulama yang bangkit dan membangkitkan para pengikutnya di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Hal demikian berimplikasi terhadap posisi 'Ulama di NU sangat sentral, baik sebagai pendiri, pemimpin serta penuntun jamaah Nahdliyah, dan kaum muslimin umumnya.

Kyai Abbas Muin juga menerangkan bahwa orientasi NU sebagai jamiyah diniyah Islamiyah berangkat dari ide dasar bahwa NU merupakan cetusan segenap aspirasi komunitas Nahdliyin yang pada hakekatnya merupakan pencerminan sikap untuk senantiasa menjalin kebersamaan dalam mendukung dan menopang cita-cita besar dari tujuan Nahdlatul Ulama, yaitu berlakunya ajaran Islam menurut paham ahlussunah wal jama'ah dan menganut salah satu mazhab empat, di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut PCNU Kota Bekasi yang telah disahkan oleh PBNU dengan SK No. 358/A.II.04.d/04/2014 tentang Pengesahan PCNU Kota Bekasi Masa Khidmat 2013-2018, menurut Kyai Abbas perlu melakukan ikhtiar dengan berpegang teguh pada qonun asasi NU, ADART, dan mengoftimalkan potensi yang ada, termasuk dengan memberdayakan perangkat organisasi dalam hal ini lembaga, lajnah dan banom. Musyawarah kerja menurut Kyai Abbas adalah salah satu sarana strategis untuk merumuskan program-program tersebut. 

saraPCNU Arah ini menjadi kerangka dasar PCNU Kota Bekasi dalam setiap agenda kerjanya untuk senantiasa meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terdidik dan terlatih dengan mencermati berbagai perspektif, kecenderungan, dan isu-isu berdimensi lokal, nasional, dan global. Pemaknaan orientasi dan dinamika ini, tentunya, disertai dengan keawasan visi, ketepatan kejelian, dan kecermatan, serta kearifan dalam membaca dan memahami tanda-tanda dan semangat zaman. 

PCNU Kota Bekasi pada Sabtu - Minggu,   13 - 14 Desember 2014, akan menyelengarakan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) pertama untuk kepengurusan masa khidmat 2013-2018di Graha Dinar, Puncak Bogor.